Pendidikan Agama Islam

VISI
Sarjana Pendidikan Agama Islam

“Menjadi Program Studi Sarjana Pendidikan Agama Islam Yang Inovatif, Religius dan Maju Dalam Lingkungan Qur’ani di Tingkat Nasional Pada Tahun 2030”

MISI
Sarjana Pendidikan Agama Islam

1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk membangun masyarakat yang peduli terhadap lingkungan Qur’ani

2. Menghasilkan sarjana yang bertanggungjawab dan komitmen dalam membentuk lingkungan Qur’ani

3. Mencetak sarjana yang memiliki cara pandang yang inovatif dan berkarakter Qur’ani

4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan hidup di era digital berlandasakan nilai-nilai Qur’ani

5. Menanamkan sikap jujur dan terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan untuk penguatan civil society.

Profil Lulusan

No Profil Lulusan Uraian Ringkas Kompetensi
1 Tenaga Pengajar (Pendidik) Memiliki kompetensi Pedagogi dalam bidang Pendidikan Agama Islam di sekolah dan madrasah serta menguasai teknologi mutakhir, berakhlakul karimah dan berjiwa nasionalis
2 Asisten Peneliti Pendidikan Memiliki kemampuan merancang, melaksanakan, dan menganalisis penelitian berkualitas di bidang pendidikan agama Islam, mengintegrasikan pendekatan ilmiah dengan teknologi, serta memperkuat identitas nasional dalam konteks keagamaan
3 Pengembang Bahan Ajar Memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan bahan ajar Pendidikan Agama Islam untuk jenjang sekolah dan madrasah yang berbasis riset, teknologi, dan nilai-nilai nasionalisme
4 Edupreneur Memiliki kemampuan manajerial, kewirausahaan dan pelatihan di bidang Pendidikan Agama Islam berlandaskan nilai-nilai nasionalisme

Aspek Pengetahuan

1. Mampu menguasai strategi pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran PAI.

2. Mampu menguasai prinsip etika dan tanggung jawab sosial dalam setiap usaha yang dilakukan, dengan berlandaskan pada nilai-nilai islam.

Aspek Keterampilan Khusus

1. Mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran di kelas dengan menggunakan pendekatan humanis dan transpersonal.

2. Mampu mempraktekkan edupreneur yang mendukung pengembangan potensi mahasiswa.

Akreditasi Prodi PAI STAI JIC Surakarta